Halaman

AMDAL


AMDAL atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan suatu usaha
dan/atau kegiatan. Tujuan dan sasaran AMDAL adalah untuk menjamin suatu usaha dan kegiatan pembangunan atau proyek agar dapat berjalan secara sinambung tanpa merusak lingkungan hidup. Kegiatan AMDAL ini dibuat saat mulai perencanaan proyek, (bangunan gedung, bendungan, saluran irigasi dan sebagainya) dilaksanakan. Kegiatan yang akan dilaksanakan ini diperkirakan dapat memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya.

Pengaruh terhadap lingkungan hidup yang dimaksudkan di sini adalah pengaruh dari aspek fisik, kimia, ekologi, sosial ekonomi, social budaya dan kesehatan masyarakat. Kegiatan AMDAL ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.


Studi AMDAL menekankan pada penilaian berikut.
  • Fisik, berupa struktur tanah, geologi, dan bentang lahan
  • Kimia, pencemaran, tanah, air, dan udara
  • Biologi, pengaruh pada flora dan fauna
  • Sosial, Ekonomi, Budaya, dan Kesehatan masyarakat
Sebelum UU Nomor. 4/1982 diterapkan, istilah AMDAL sebelumnya dikenal sebagai:
  • Pernyataan Dampak Lingkungan (PEDAL)
  • Kajian Dampak Lingkungan (KADAL)
  • Studi (dan Analisis) Dampak Lingkungan (STUDAL, SANDAL)
  • Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL atau ADL)
Sebagai sebuah produk hukum yang mengendalikan pembangunan, AMDAL bertujuan untuk:
  • mengurangi atau meniadakan akibat (yang tidak direncanakan) atas perubahan lingkungan, khususnya akibat yang mendasar, meluas, berjangka panjang
  • mengidentifikasi pemecahan masalah yang optimal
  • mencegah atau mengatasi konflik kepentingan
  • melibatkan publik dan menjamin keterbukaan proses pengambilan keputusan
Akan tetapi, tujuan dari pengendalian pembangunan dapat dicapai apabila kedudukan AMDAL dalam proses pembangunan berada di tempat yang tepat.

Sedangkan fungsi dari AMDAL itu sendiri merupakan salah satu upaya preventif pengendalian dampak lingkungan oleh kegiatan pembangunan yang ditujukan bagi pengambilan keputusan kelayakan lingkungan (perijinan, studi kelayakan, dan perencanaan pengembangan wilayah) bagi perencanaan teknologi dan perancangan proses.

Dokumen AMDAL

Dokumen AMDAL terdiri atas lima dokumen penting. Hasil studi utama AMDAL adalah dokumen RKL dan RPL
  • Kerangka Acuan (KA) : sebagai dasar pelaksanaan studi AMDAL (disusun sebelum kegiatan AMDAL dilaksanakan).
  • Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL) yaitu dokumen yang memuat studi dampak lingkungan.
  • Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL) merupakan upaya-upaya pengelolaan lingkungan untuk mengurangi dampak negatif dan meningkatkan dampak positif, contohnya pengelolaan limbah.
  • Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL) adalah upaya pemantauan untuk melihat kinerja upaya pengelolaan yang dilakukan, misalnya pengukuran kualitas air dan udara di titik-titik tertentu.
  • Executive summary,  memuat ringkasan dokumen ANDAL, RKL dan RPL.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Sponsored